NOZOMI NEWS: Kerennya Ambulans Motor 'Buatan' Subang Jawa Barat

VIVA.co.id - Ambulans, mendengar nama itu tentu yang terbayang merupakan sebuah mobil berukuran cukup besar yang mampu mambawa korban kecelakaan, ataupun kendaraan darurat yang digunakan untuk mengangkut orang sakit, serta ibu melahirkan.

Namun, ada yang berbeda dengan apa yang disajikan produsen sepeda motor roda tiga, PT Nozomi Otomotif Indonesia. Perusahaan yang memiliki pabrik di Cipeundey, Subang, Jawa Barat ini juga menawarkan sepeda motor roda tiga yang disulap menjadi sebuah ambulans.

Menurut Core Team Leader PT NOI, Joko Rismanto, ambulans roda tiga tersebut merupakan bagian dari produk Nozomi yang bekerja sama dengan karoseri.

"Ini disesuaikan dengan permintaan. Kita buat seperti ambulans hanya lebih kecil. Sedangkan isi perlengkapan itu tambahan dan bukan kita yang menyediakan, tapi LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah)," ungkap Joko di pabrik Nozomi, Cipeundey, Subang, Jawa Barat, Kamis 10 Desember 2015.

Joko juga menyatakan, permintaan ambulans roda tiga memang disesuaikan dengan kondisi di beberapa wilayah yang tak bisa menggunakan kendaraan roda empat atau lebih.

Motor ambulans buatan Nozomi.

Kendati demikian, Joko mengklaim, meski ambulans itu terlihat kecil, namun terbilang nyaman, karena didukung beberapa perangkat standar yang biasa digunakan ambulans, seperti tabung oksigen serta tempat obat-obatan.

Dari tampilannya, memang cukup unik. Jika biasanya sepeda motor roda tiga pada bagian belakang dibuat bak terbuka, lain halnya dengan yang satu ini.

Bagian belakang didesain tertutup yang tentunya dapat membawa satu orang pasien dengan posisi terlentang, ditambah satu orang perawat, dan dilengkapi beberapa perlengkapan standar darurat ambulans.

Agar meyakinkan bahwa motor tersebut ambulans, tentu saja bagian bodi dibalut dengan kelir putih ditambah aksen warna merah, serta tak lupa sirine yang diletakkan di bagian atap.

Link: http://otomotif.news.viva.co.id/news/read/710036-kerennya-ambulans-motor--buatan--subang-jawa-barat