NOZOMI NEWS: Mengintip Proses Produksi Motor 3 Roda

subang -Motor roda tiga di Indonesia saat ini jadi salah satu pendukung sektor UMKM di Indonesia. Dalam proses produksi, motor tersebut hampir sama dengan kendaraan bermotor lainnya.

detikOto berkesempatan untuk melihat langsung bagaimana proses produksi motor roda tiga asal Cina, Nozomi di pabrik yang berlokasi di Subang, Jawa Barat.

Dalam satu hari, pabrik dengan luas area 10 hektar itu mampu memproduksi 35 motor dengan berbagai model dan pesanan dari konsumen. Tahapan produksi dimulai dari assembling, pemasangan sasis, pengecetan (painting), uji emisi, dan Pre Delivery inspection (PDI).

Dengan jumlah karyawan 50 orang, proses pengerjaan assembling dasar untuk satu motor menempuh waktu selama 12 menit. Waktu tersebut belum termasuk pada proses produksi lainnya.

Soal komponen, Direktur PT Nozomi Otomotif Indonesia, Cindy Leo menjelaskan kepada detikOto bahwa masih menggunakan komponen yang didatangkan langsung dari China. Persentase komponen atau kandungan lokal (local content) hanya di bawah 10% dan ditargetkan pada tahun depan jumlah kandungan lokal akan meningkat.

"Untuk local content masih di bawah 10%. Kami mendatangkan komponen dari China. Jumlah local content saat ini memang masih sedikit, target kami tahun depan dapat meningkat 20%," ujar Cindy Leo.

Salah satu proses produksi yang menggunakan kandungan lokal yaitu proses painting atau pengecetan. Pada proses ini terdapat lima warna standar yang menjadi pilihan warna pada model motor roda tiga buatan Nozomi seperti merah,kuning, hijau, biru, dan hitam. Selain warna tersebut, konsumen juga dapat memesan warna pilihan pada motor roda tiga mereka.

Setelah melalui proses painting, dilakukan uji emisi pada motor roda tiga Nozomi. Uji emisi bertujuan untuk mendeteksi gas buang pada motor serta kinerja motor pada kecepatan yang telah ditetapkan.

Selanjutnya, usai motor selesai melalui tahapan produksi ada proses yang dinamakan Pre Delivery Inspection. Tujuannya adalah mengecek kembali bagian-bagian pada motor agar sampai ke tangan konsumen dengan kualitas baik.

 

Link: http://oto.detik.com/read/2015/12/11/111519/3093238/1208/mengintip-proses-produksi-motor-3-roda