NOZOMI NEWS: Nozomi Minta Dorongan Pemerintah untuk UMKM

Subang -Produsen motor roda tiga asal China, Nozomi membidik target pelaku UMKM dalam bisnisnya. Kendati sebagai salah satu industri yang mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia, Nozomi belum merasa ada dorongan langsung dari pihak pemerintah.

Di Indonesia saat ini terdapat sekitar 57,9 juta pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jumlah itu turut menyumbang kontribusi pada PDB sebesar 58,92% dan penyerapan tenaga kerja 97,30%.

Melihat potensi UMKM yang besar di Indonesia, Nozomi memasuki pasar motor roda tiga sebagai motor niaga untuk mendorong usaha pelaku UMKM.

Berbagai model yang disesuaikan kebutuhan konsumen diproduksi oleh pabrikan motor yang mulai beroperasi pada 2012 itu, seperti untuk toko (motor toko), pengangkut galon dan gas, dan lain sebagainya.

Meski mendukung pertumbuhan sektor UMKM di Indonesia, belum ada suntikan dorongan atau diskusi langsung dari pihak Pemerintah dengan Nozomi, misalnya lewat Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah maupun instansi lainnya.

"Untuk saat ini belum ada (dorongan) atau lobi skala besar dengan pemerintah. Padahal kita tahu pemerintahan Joko Widodo sangat mendukung industri UKM ini," ujar Direktur PT Nozomi Otomotif Indonesia Cindy Leo kepada detikOto, Kamis (10/12/2015).

Walaupun belum ada suntikan dorongan atau kerja sama dengan pemerintah, beberapa produk Nozomi telah digunakan di beberapa instansi pemerintahan di Indonesia. Mulai dari ambulans, pertamanan, kebersihan, dan sebagainya.

 

Link: http://oto.detik.com/read/2015/12/11/083229/3093062/1208/nozomi-minta-dorongan-pemerintah-untuk-umkm