NOZOMI NEWS : Pemkab Trenggalek Siapkan 152 Ambulans Roda Tiga untuk Program 'Sayang Desa'

Trenggalek - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek akan menyiapkan 152 ambulans khusus. Ambulans untuk ibu hamil dan orang sakit ini dimodifikasi dari kendaraan bermotor roda tiga.

Rencananya, ambulans tersebut akan disebar di seluruh desa di Trenggalek mulai tahun depan.

"Kita sudah menyiapkan program 'Sayang Desa' (sedia ambulans pelayanan keliling desa-desa)," kata Wakil Bupati Trenggalek, M Nur Arifin kepada detikcom, Senin (24/10/2016).

Wabup termuda se Indonesia ini mengatakan, pemilihan moda transportasi kendaraan bermotor roda tiga yang dimodifikasi menjadi ambulans, karena sesuai dengan topografi Kabupaten Trenggalek yang banyak dataran tinggi atau pegunungan.

 

Pemkab Trenggalek Siapkan 152 Ambulans Roda Tiga untuk Program Sayang DesaFoto: Rois Jajeli

"Topografi Kabupaten Trenggalek ini sekitar 50 persen adalah pegunungan. Kami memilih roda tiga sebagai moda transportasi yang mudah menjangkau di jalur transportasi yang naik turun dan jalannya sempit," tuturnya.

Arifin yang juga pengusaha panci ini mengatakan, prototipe ambulans roda tiga ini sudah siap dikirim oleh perusahaan yang sudah masuk e-katalog. Rencananya mulai tahun depan akan dikirim secara bertahap ke 152 desa di seluruh Trenggalek.

Ambulans roda tiga ini sudah dimodifikasi sesuai dengan topografi Kabupaten Trenggalek yakni dilengkapi dengan roda penggerak depan (jika mobil adalah 4 WD) serta shockbreaker yang kerap dipakai untuk offroad.

"Kita ingin memberikan akses pelayanan dasar ke lokasi yang jauh, sehingga kita jemput dengan moda transportasi yang mudah dijangkau," terangnya sambil menambahkan, ambulans roda tiga sudah masuk dalam e-Katalog.

Pemkab Trenggalek Siapkan 152 Ambulans Roda Tiga untuk Program Sayang DesaFoto: Rois Jajeli

"Ambulans roda tiga ini untuk mengantarkan orang sakit, ibu hamil. Setiap ambulans ada tenaga medis dari puskesmas terdekat atau polides," tuturnya.

Ia mengatakan, program Sayang Desa ini sesuai dengan janji-janji yang disampaikan dari pasangan Emil-Arifin pada saat kampanye pilkada lalu.

"Program Sayang Desa ini sesuai janji yang kita sampaikan saat debat. Kita ingin konsisten memberikan pelayanan kepada masyarakat Trenggalek," tandasnya. (roi/bdh)

http://news.detik.com/jawatimur/3328255/pemkab-trenggalek-siapkan-152-am...