NOZOMI TIPS: Engine Warming up

Ternyata bukan manusia saja yang bila akan memulai pekerjaan setelah istirahat panjang harus meregangkan otot-otot lari-lari kecil latihan pernafasan dan gerakan-gerakan ringan lainnya. Kendaraan kita juga perlu, tanya dong kenapa…?  Hehe sambil ngopi aje broo…

Pada dasarnya, mesin adalah seperangkat alat yang merubah energi (Kalor, listrik, dan sebagainya) menjadi energi mekanik (tenaga gerak) . Nah dalam pelaksanaannya kita dapat bayangkan betapa sibuk dan begitu hotnya aktifitas di dalam mesin saat kendaraan kita mulai di hidupkan, dan di operasikan, namun jangan dibayangkan betapa menderitanya beliau saat diberikan beban yang berlebihan hwuuuiiiyhh... sungguh kejamnya kehidupan.

Tapi mau gimana lagi itu sudah nasibnya mesin, maka kita sebagai manusia pengguna mesin seharusnya menjunjung tinggi rasa ke mesinan, kita sebagai pemilik mesin terutama mesin motor roda tiga Nozomi harus memperhatikan dan merawat mereka dengan serius, karena kalau tidak maka jangan harap dapur kita bisa ngebul, jangan harap putra putri kita bisa bersekolah dengan tenang, bahkan yang lebih parah lagi bisa menyebabkan rusaknya hubungan dengan pasangan, keretakan rumah tangga yang mengakibatkan perceraian, tidak harmonisnya hubungan anak dengan orang tua (halllaah lebay euyh...) tapi bisa jadi loh.....!   yaa …itu akibat mengabaikan kondisi mesin kendaraan andalan kita.

Biasanya mesin yang  baru dikeluarkan oleh ATPM dan baru diserah terimakan ke konsumen harus melalui proses in rigne (inrayeun ceuk si abah bari heureuy….!!!!), yang tujuannya adalah memantapkan posisi bagian/part mesin yang bergerak dan berhubungan antara satu part dengan part lainnya dengan kedudukannya masing-masing, serta mengkondisikan part tertentu pada masing masing treatmen yang dibebankan kepadanya, sebagai contoh piston set dan "part mekanism" nya, kelengkapan transmisi, dan lain-lain. kemudian pada kilometer yang di tentukan oleh ATPM untuk melakukan service gratis mesin tersebut akan di cek dan di stel ulang jika terjadi perubahan.

Maka seyogyanyalah kita sebagai pengguna kendaraan harus mengikuti aturan itu demi kelancaran serta kesehatan mesin yang kita miliki, selain itu kendaraan kita bisa selalu prima dan dalam kondisi high performance, dan satu lagi sebagai syarat serta ketentuan berlaku untuk Garansi mesin kita sudah laksanakan, jadi... kalo sampai kenapa kenapa dengan mesin kita maka dapat dipertanggung jawabkan kepada si ATPM, dan si ATPM harus bertanggung jawab genti....

Back to "Engine Warming up"

Pada saat kendaraan akan kita operasikan setelah lama tidak dihidupkan, atau istilah bengkel dipanaskan "pagi-pagi", pagi dalam kalimat tersebut bermakna mesin sudah lama dingin atau sudah lama tidak dihidupkan.

Nah… dalam keadaan seperti ini mesin jangan langsung di geber atau langsung di operasikan karena beberapa keadaan dibawah ini akan terabaikan dan bisa menyebabkan kerusakan.

  1. Oli belum naik dan menjalar keseluruh rongga-rongga mesin terutama diarea mekanisme pembakaran
  2. Air pendingin belum pada suhu ideal pendinginan
  3. Suhu kerja mesin belum mencapai pada titik ideal
  4. Seluruh part belum pas dengan kedudukan/suportnya
  5. dan lain-lain

Untuk mendapatkan kondisi ini semua maka perlu di lakukan Engine Warming Up atau istilah kita di indonesia adalah proses pemanasan mesin.

Aktifitas ini harus dilakukan setiap pagi atau bila kendaraan sudah lama tidak dipakai (biasanya minimal sehari atau semalam tidak dihidupkan) tujuannya adalah agar minimal 4 item tersebut diatas sudah dalam kondisi normal dan bila ada kelainan yang terjadi di bagian mesin dapat terdeteksi lebih dini, dan selanjutnya dapat dilakukan perbaikan atau penyetelan. sehingga mesin kita akan selalu prima kuat dan tahan lama.... uhuuuuiiiy.....

Baiklah sahabat Nozomer's sekilas tip's dari kami diatas sekiranya dapat menjadi manfaat minimal mengingatkan betapa pentingnya pemanasan sebelum bekerja,  selamat bekerja dan tetap Semangat Pagii....