NOZOMI TIPS: Preventif Maintenance

Yap betul….. perawatan rutin

Kendaraan bermotor pada umumnya (Motor roda tiga Nozomi pada khususnya) adalah seperangkat alat penggerak yang operasionalnya di bebani oleh beberapa macam jenis pembebanan antara lain : beban kejut,tekan, gesek, dorong,lendutan, listrik, dan lain sebagainya, yang semua gaya itu menghasilkan kalor/panas, dan akhirnya menimbulkan kelelahan bahan,  Sama ya sama manusia….

Nah setelah seharian bekerja lari sana lari sini, angkut sana angkut sini, belum lagi kucing-kucingan sama patroli dan dept collector haddewh….(ups).

Maka apa yang terjadi….? mesin panas akibat beban berat, rpm tinggi, jalan rusak menurun menanjak jalan lumpur becek berlubang , banyak lagi penderitaan lainnya. Kemudian rem yang tidak pernah nganggur, kalo nganggur "Numbur", apalagi kopling yang sering merubah kecepatan (maklum dunia sudah padat dan sudah banyak belokan) pokoknya sibuk...,

Belum lagi elektrical system (kelistrikan) baru jalan sebentar sudah belokan akhirnya kasih sein, lampu rem , lampu mundur, lampu dim juga mesti hidup, kalo sampai lampunya mati waduuuh bisa-bisa sering terjadi kesalah fahaman bagi para pegguna jalan raya yang akibatnya bukan bercanda broo... "Numbur…". Pokoknya hampir semua di dalam  kendaraan semuanya bekerja, termasuk tulisan merk "NOZOMI" pada khususnya, Promo broo (jangan lupa tolong di lap bersih yeee…. Wkwkwkwk)

Maka tibalah saatnya istirahat, Driver terlelap pulas, belanjaan sudah diangkut dan dikemas, tinggallah motor roda tiga kita terbujur lemas di pelataran rumah tanpa di tutup selimut (terpal), walau cuaca tak jelas kadang hujan deras, kadang terjemur matahari yang sangat panas dan seterusnya…. Sampai tiba saatnya melaksanakan tugas berikutnya….

Eiiit… tunggu dulu broo…. "ojo ksusu" jangan buru-buru…. Jangan main tancap kunci langsung pencet tombol start, lantas berangkat….

Setelah mengalami penderitaan seperti tertulis diatas… motor roda tiga kesayangan kitapun butuh belayan kasih sayang butuh perhatian dan sentuhan mesra, jangan Cuma "dipake" doang.

Yaa bentuk perhatian itu bernama "Preventiv maintenance"

Preventif maintenance adalah aktifitas pemeriksaan kendaraan secara menyeluruh yang rutin dilakukan setiap hari , setiap minggu, setiap bulan dan seterusnya yang biasanya di sebut periodik maintenance yang tujuannya adalah pemeriksaan berkala untuk mengetahui kondisi fisik kendaraan dan sesegera mungkin melakukan penanganan bila terjadi keadaan yang tidak normal dengan cara  a. penyetelan  b. pelumasan  c. penambahan air/oli/minyak rem d. pengencangan  e. pembersihan, f. penggantian  g. dan lain sebagainya

  1. Penyetelan : kita ketahui aktifitas Motor roda tiga yang kita pakai sangatlah dinamis dan super sibuk, yang membuat mekanisme penggerak dan bagian-bagian yang bersentuhan pada kendaraan kita ini bisa saja mengalami perubahan bentuk atau ukuran akibat beberapa gaya yang terjadi (gaya gesek, kejut, lendutan dll), sehingga sangat dibutuhkan penyetelan ulang agar performa kendaraan kembali prima seperti semula (sesuai standard) penyetelan yang biasa dilakukan sebagai contoh : penyetelan klep, stel rem, kopling, stabilizer (kopel),
  2. Pelumasan : Penggunaan oli pelumas, seperti oli mesin, oli reverse gear, oli gardan, biasanya ditentukan dengan usia pakai (penggantian rutin) namun dalam prakteknya kadang terjadi hal-hal yang tidak sesuai jadwal penggantian, dan hal ini bisa saja terjadi karena beberapa hal antara lain, kebocoran seal, penguapan oli, over heat akibat kondisi abnormal, dan sebagainya. maka pemeriksaan rutin sangatlah baik dilakukan agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah lagi. begitu juga pemakaian grease (stempet) pada bagian-bagian tertentu (bagian yang bergerak dan bersentuhan) adalah hal lazim pada kendaraan motor roda tiga, seperti pada bearing-bearing, crost joint (joint couple), dan lain sebagainya hal ini bisa saja terjadi karena gaya gesek yang menghasilkan panas yang bila tidak di beri pelumasan uang cukup maka akan menyebabkan keausan dan kerusakan part tersebut, maka dengan adanya pemeriksaan rutin dapat teridentifikasi dengan cepat sehingga tidak terjadi kerusakan yang lebih parah
  3. Penambahan : Menyambung dari pembahasan pelumasan diatas yaitu penggunaan oli, grease, serta bahan lain yang biasa dipakai pada kendaraan seperti air pendingin, minyak rem, yang harus selalu dalam kondisi standard baik kwalitas maupun kwantitas yang bisa saja berubah akibat usia, pembebanan yang berlebihan,kebocoran, penguapan dan lain sebagainya, dengan adanya pemeriksaan rutin maka dapat diketahui lebih awal dan bila terjadinya pengurangan dapat segera di tambah.
  4. pengencangan : akibat gaya yang dinamis yang dialami kendaraan saat beroperasi yang memungkinkan terjadinya perubahan atau pergeseran part dari posisi dan kondisi semula, sehingga butuh pengecekan atau pengencangan ulang agar tidak menimbulkan kerusakan atau bahkan kecelakaan, sebagai contoh penting adalah pengecekan/ pengencangan baud roda.
  5. Pembersihan : Estetika atau tampilan fisik kendaraan terkadang menjadi hal penting yang sering di abaikan oleh pengguna kendaraan motor roda tiga, mungkin image dari kendaraan angkut "comersial" yang melekat padanya banyak yang bilang " ah cuma kendaraan barang, besok juga kotor lagi" (red)    sehingga manjadi kebiasaan buruk untuk membiarkan kendaraan dalam keadaan kotor dan tak terawat. padahal kebersihan adalah sangat penting terutama pada bagian-bagian elektrik dan bagian yang bersentuhan/bergesekan, bila bagian tersebut kotor maka akan mengakibatkan kerusakan bahkan kerusakan fatal, sebagai contoh bila bagian socket-socket elektrik yang dibiarkan kotor apalagi basah maka bisa mengakibatkan short contact (korsleting listrik) dan mengakibatkan kebakaran.
  6. Penggantian : Sudah sewajarnya, namanya barang dipakai apalagi di porsir dan digunakan melebihi ketentuan, maka akan terjadi kerusakan, maka harus dibarengi dengan pemeriksaan rutin, agar kerusakan dapat dilihat lebih dini dan tidak menjalar atau mengakibatkan kerusakan  pada part lainnya, maka cepatlah melakukan penggantian part yang rusak tersebut.

 

Demikian sedikit ulasan dari kami akan betapa pentingnya pemeriksaan rutin bagi kendaraan motor roda tiga kita agar kondisi kendaraan selalu prima dan siap pakai dan selalu setia menemani kita dalam berusaha mencari ma'isah rezeki yang melimpah ruah, semoga coretan ini bermanfaat bagi kita semua bilkhusus pengguna motor roda tiga NOZOMI, selamat bekerja dan tetap Semangat Pagii....