NOZOMI TIPS: Waaw...Nozomi Water cooler….!

Semangat pagi sahabat Nozomer's….!

Ada yang hari gini masih gak kenal Nozomi…? Waaaah…bukan jiwa pengusaha kayaknya tuh… Kalau begitu tolong di kenalin dong bro…. Biar ramee….hehehe... Mungkin juga sahabat Nozomer's juga ada yang belum tau atau ngerti motor roda tiga Nozomi yang menggunakan Water cooler  (selanjutnya kita sebut NWC)….

Yaa… itulah kita, kadang cuma mau pake doang tanpa mau tau apalagi mau peduli, dasar egoooisss…..(siapa tuh…??? Kiiita…???). Baiklah kalau begitu…. Kami akan coba dengan segenap kemampuan kami untuk menjelaskan apa bagaimana siapa kapan berapa mengapa (5W 1H) sih NWC itu….?

NWC adalah seperangkat system pendinginan air pada mesin Motor roda tiga Nozomi yang berfungsi sebagai pendingin mesin agar kerja mesin tetap optimal, bertenaga, efisien, dan seterusnya. NWC berfungsi sama dengan Radiator namun item part dan cara kerjanya ada perbedaan, antara lain :

  1. Mesin yang  menggunakan system Radiator dilengkapi dengan Thermostat yang berfungsi untuk menahan dan menyalurkan air pada suhu-suhu tertentu, dengan tujuan mempertahankan suhu mesin agar tetap pada kondisi kerja ideal, Nozomi nggak pake…
  2. Mesin yang  menggunakan system Radiator dilengkapi dengan Kipas pendingin (fan) yang berfungsi untuk membantu mendinginkan air pendingin pada radiator, Nozomi juga nggak pake…
  3. Mesin yang  menggunakan system Radiator dilengkapi dengan Radiator unit (kisi-kisi) yang berfungsi untuk menampung air pendingin yang didinginkan sebelum masuk ke water jacket, hebatnya …Nozomi juga gak pake yang model gini melainkan water tank biasa….
  4. Mesin yang  menggunakan system Radiator dilengkapi dengan water temperatur sensor yang berfungsi untuk menginformasikan berapa derajat celcius kah suhu air saat ini…?, sayangnya Nozomi gak butuh tuh…!!!
  5. Mesin yang  menggunakan system Radiator mempunyai block silinder dengan permukaan bagian luarnya datar dan mesin ini sangat bergantung pada pendinginan air, sedangkan Nozomi mempunyai block silinder dengan permukaan bagian luarnya berbentuk kisi-kisi yang fungsinya juga sebagai pendinginan udara selain dapat juga dibantu dengan pendinginan air

Maka berikut kami sampaikan kelebihan dari system pendinginan air kepunyaan NWC dibandingkan system Radiator:

  1. Hemat dalam kelengkapan system, karena  NWC tidak menggunakan kipas angin, thermostate, Tangki ber kisi, temperatur sensor, sehingga biaya bisa jauh lebih murah.
  2. Hemat dalam perawatan, NWC hanya cukup memperhatikan kwalitas serta kwantitas air serta kondisi saluran air apakah ada bocor atau tidak, dan penggunaan air cukup dengan air mineral biasa.
  3. Bila air habis karena bocor, kendaraan NWC masih dapat dijalankan dengan kondisi darurat, sedangkan yang menggunakan system radiator tidak dapat melanjutkan perjalanan, jika dipaksakan hidup akan mengakibatkan engine over heat dan engine jam (macet).
  4. Bila tiba-tiba saluran air bocor, sifat NWC system airnya tidak bertekanan tinggi dan tidak membahayakan si pengemudi. sedangkan system Radiator bila tiba-tiba ada yang bocor maka airnya akan muncrat dan berpotensi mengenai pengemudi karena air pada system radiator adalah bertekanan,
  5. Pendinginan model NWC lebih maksimal karena memiliki dua system pendinginan utama sekaligus dalam satu mesin, yaitu Air cooler (pendinginan udara) dan water cooler ( pendinginan air), yang dapat mendinginkan ± 23ᵒC  dari suhu mesin.

Berikut adalah gejala-gejala kerusakan yang bisa saja terjadi pada NWC anda, jadi jika menemui hal-hal berikut agar segera di tangani

  1.  Kehabisan air karena bocor,
  2. Hose (selang air) pecah,
  3. Gasket water jacket bocor halus,
  4. Penguapan air akibat panas,
  5. Pompa air tidak berfungsi
  6. Seal impeller bocor,
  7. Bearing impeller macet,
  8. Terjadi penyumbatan pada saluran air berupa kotoran, pengkapuran, akibat penggunaan air yang kurang bersih

Nah demikianlah sahabat Nozomer's, kita sudah mengenal NWC system, maka silahkan di perdalam pengetahuannya agar dapat menghayati serta meresapi apa dan siapa  yang kita tunggangi ini setiap hari, dan agar lebih berprikeNozomian, seperti kata pepatah tak kenal tanda tak dalam.